Kawasaki KLX 150 D-Tracker Butuh Oli Lebih Dari 1 Liter
Berapa sih kapasitas oli mesin Kawasaki KLX 150 series seperti KLX 150 L, KLX 150 G, KLX 150 BF, D-Tracker 150 dan New KLX yang semuanya itu bermesin 144 cc? Banyak sekali para pengendara Kawasaki yang mengeluh pompa Oli Kawasaki KLX 150 sering rusak karena cuma isi oli 1 liter alias 1000 cc. Menurut petugas sparepart dealer resmi Kawasaki, Motor Kawasaki KLX 150 series D-Tracker dan KLX 140 (New KLX) minimal harus diisi oli sebanyak 1200 cc. Jika kurang oli maka Kawasaki KLX anda akan mengalami hai-hal sebagai berikut :
- Mesin akan terasa cepat panas.
- Proses perpindahan gigi persneling akan sulit dan keras.
- Suara mesin akan berisik.
- Kopling mudah selip.
- Kampas kopling mudah gosong bahkan terbakar.
- Mengakibatkan kerusakan mesin mulai dari piston, pompa oli, dinding silinder block, noken as, gearbox dll.
Rekomendasi Oli Terbaik Untuk Kawasaki KLX 150 D-Tracker
Sebenarnya pada bagian Oil Filler Cap Kawasaki KLX 150 series sudah terdapat ukuran pelumas yang wajib dipakai di mesin tersebut yaitu 1300cc/1300 ml/1,3 liter. Namun meski pada Oil Filler Cap mesin Kawasaki KLX 150 series tertera 1300 cc, dalam buku petunjuk manual juga tertulis aturan ganti oli sebagai berikut:
- Ganti oli rutin 1130 cc
- Ganti oli + Filter oli 1150 cc
- Ganti oli setelah belah mesin 1300 cc
Intinya harus diisi lebih dari 1000 cc dan kurang dari 1300 cc, tidak bisa ditawar lagi demi kenyamanan Kawasaki KLX 150 series Anda. Kawasaki sendiri menyarankan untuk Kawasaki KLX 150 D-Tracker menggunakan oli dengan viskositas SAE 10W40 dalam kondisi standar. Jika kondisi tempat konsumen panas banget bisa pakai SAE 10-50, SAE 20W40 sampai SAE 20W50. Jika kondisi tempat konsumen tergolong sejuk banget bisa pakai SAE 10W30. Untuk olinya bebas pakai mineral, semi sintetis maupun full sintetis yang penting oli 4T dengan API SG, SH, SJ, SL, SM and JASO MA, MA1, MA2.
Semoga artikel ini bermanfaat, salam MotobiMagz!